Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5G Diklaim Sebarkan Corona, 77 Menara BTS Inggris Dibakar

 5G Diklaim Sebarkan Corona, 77 Menara BTS Inggris Dibakar
Ilustrasi Teknologi 5G (Ist)
NewsTekno - Sebuah teori konspirasi yang mengklaim bahwa internet 5G berada di balik wabah virus corona telah menyebabkan serangan pembakaran pada lebih dari 70 menara telepon seluler (BTS) di Inggris.

Teori konspirasi mulai menarik perhatian di Inggris pada akhir Maret dan awal April, bertepatan dengan meningkatnya jumlah kasus di negara ini dan isolasi secara nasional. Namun, konspirasi di sekitar sinyal telepon telah ada selama bertahun-tahun.

Keresahan tersebut diduga telah menyebabkan serangan pembakaran pada infrastruktur ponsel. Pada 15 April, Mobile UK, sebuah organisasi yang mewakili empat operator seluler Inggris, mengatakan kepada Business Insider bahwa sekitar 50 menara BTS telah diserang di seluruh negeri, yang sebagian besar sebenarnya bukan 5G.

Mobile UK mengatakan kepada Business Insider pada hari Rabu, 6 Mei 2020, bahwa jumlah serangan telah meningkat menjadi 77, dan bahwa tingkat serangan untungnya melambat. "Serangan harian sangat rendah sekarang tetapi belum berhenti sepenuhnya," kata seorang juru bicara.

Namun, para ahli teori konspirasi anti-5G tampaknya tidak hanya menyerang menara. Philip Jansen, CEO perusahaan telekomunikasi Inggris BT, mengatakan bahwa seorang insinyur telah diserang dengan kejam saat mempertahankan infrastruktur jaringan.

“Kami memiliki 40 insiden di mana orang telah menyerang, baik secara fisik maupun verbal, staf kami. Kami memiliki insinyur yang didorong dan dihalangi orang-orang, dan kami bahkan memiliki satu insinyur Openreach ditusuk dan dimasukkan ke rumah sakit," kata Jansen dalam video YouTube pada 21 April.

Pecahnya serangan telah dikutuk oleh kepala empat operator seluler Inggris. Mobile UK mengatakan kepada BI pada bulan April: “Teori-teori yang disebarkan seputar 5G tidak berdasar dan tidak didasarkan pada teori ilmiah yang kredibel.

“Operator seluler berdedikasi untuk menjaga Inggris tetap terhubung, dan pembicaraan yang ceroboh dapat menyebabkan kerusakan yang tak terhitung. Serangan berkelanjutan pada infrastruktur seluler berisiko nyawa dan pada saat yang menantang ini sektor-sektor penting Inggris harus mampu memusatkan semua upaya mereka melawan pandemi ini," ujar Mobile UK.

Teori konspirasi seputar 5G telah menyebar di media sosial, sementara Facebook, YouTube, dan Twitter mengambil tindakan untuk mengekang penyebarannya. Salah satu cabang dari teori ini mengklaim bahwa 5G mempercepat penyebaran virus corona dengan menurunkan sistem kekebalan tubuh dan bahwa virus corona itu sendiri adalah sebuah fiksi yang dirancang untuk menutupi kerusakan yang disebabkan oleh 5G. Kedua klaim ini salah. [Blog Teknisi]

BUSINESS INSIDER | TEMPO

Posting Komentar untuk " 5G Diklaim Sebarkan Corona, 77 Menara BTS Inggris Dibakar "

Berlangganan via Email