Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Mengetahui Email dan Password Telah Dicuri

Begini Mengetahui Email dan Password Telah Dicuri
Ilustrasi Peretasan Password (Ist)
NewsTekno - Kabar 91 juta akun pengguna toko daring Tokopedia bocor ramai diperbicangkan. Data tersebut diperjualbelikan terdiri dari email, tanggal lahir, nomor handphone.

Bagaimana jika layanan yang Anda gunakan diretas dan akun Anda termasuk yang diperjualbelikan? Berikut beberapa aplikasi dan layanan yang dapat membantu menentukan apakah akun Anda terjebak dalam praktik pelanggaran data pribadi menurut laman PGMag :

1. HaveIBeenPwned

HaveIBeenPwned.com (HIBP) adalah tempat penyimpanan online untuk dokumen seperti alamat email dan kata sandinya yang dikumpulkan dari pelanggaran data dan diungkapkan kepada publik. Caranya, cukup memasukkan alamat email Anda dan situs akan memberi tahu jika alamat email itu muncul dalam pelanggaran data dan, jika iya, asal situs mana ikut muncul.

Situs ini juga menawarkan alat untuk mengetahui apakah kata sandi Anda telah menjadi bagian dari pelanggaran data. Namun, itu tidak akan memberi tahu Anda di situs mana kata sandi itu ditemukan, karena ini memungkinkan seseorang untuk mengumpulkan nama pengguna dan kata sandi yang belum diubah.

Daftar situs HIBP di mana akun Anda telah dilanggar tidak lengkap, terutama jika Anda menggunakan kembali kombinasi nama pengguna dan kata sandi di beberapa situs. Namun situs ini direkomedasikan oleh perusahaan konsultasi keamanan siber CynergisTek. 

2. Pemeriksaan Kata Sandi Google

Jika Anda menggunakan browser web Chrome, ekstensi Pemeriksaan Kata Sandi Google akan memeriksa kata sandi Anda terhadap pelanggaran data yang diketahui saat Anda masuk ke suatu situs. Kata sandi Anda tidak akan bisa dilihat oleh Google, tapi itu bisa memberi Anda informasi lebih lanjut ketika Anda menggunakan kata sandi lama yang mungkin perlu diubah.

3. Pengelola Kata Sandi

Banyak pengelola kata sandi, termasuk Editors' Choice Keeper dan Dashlane, yang menawarkan layanan membandingkan alamat email dan kata sandi dengan pelanggaran data yang diketahui. Pengelola kata sandi ini melangkah lebih jauh, karena memberi tahu jika kata sandi Anda muncul dalam pelanggaran data.

Dalam beberapa kasus, pengelola kata sandi juga menawarkan cara untuk memperbarui atau mengubah kata sandi Anda untuk menjaga keamanan akun Anda. Spesifik tentang cara kerja fitur bervariasi dari satu layanan ke layanan lainnya, tetapi jika Anda menggunakannya harus tetap memeriksanya.

"Secara umum, pengelola kata sandi menggunakan otentikasi dua faktor dan beberapa bentuk enkripsi, jadi mereka bisa menjadi solusi hebat," kata CEO CynergisTek Caleb Barlow.

4. Riwayat Masuk

Jika Anda ingin mengetahui apakah seseorang benar-benar mendapatkan akses ke akun Anda, banyak layanan menawarkan fitur riwayat masuk. Situs-situs seperti Google dan Facebook memungkinkan penggunanya melihat daftar setiap login atau mencoba masuk ke akun Anda dan dari mana asalnya.

Jika menurut Anda akun Anda mungkin telah diakses oleh orang lain, lihat saja. Jika Anda menemukan aktivitas aneh, keluarlah dari sesi itu dan ubah kata sandi Anda. Lalu aktifkan otentikasi dua faktor, yang akan mengurangi kemungkinan seseorang mendapatkan akses ke akun Anda, bahkan jika mereka memiliki kata sandi Anda. [Blog Teknisi]

PCMAG | FORBES | TEMPO

Posting Komentar untuk "Begini Mengetahui Email dan Password Telah Dicuri "

Berlangganan via Email