Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Atasi Internet Lambat di HP Android

Cara atasi internet lambat di hp android
Ilustrasi HP Android (Ist)
NewsTekno - Internet saat ini telah menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat di era digital. Lambatnya kecepatan internet di handphone (hp) Android tentu menjadi kendala utama di saat orang-orang beraktivitas di rumah. 

Padahal Kebutuhan terhadap internet semakin meningkat di kala wabah Covid-19 yang mengharuskan orang-orang berada di rumah.

CNN merangkum beberapa cara agar koneksi internet bisa kembali lancar di ponsel Android.

1. Pastikan Sinyal Jaringan Tinggi

Jaringan dengan sinyal tinggi menjadi salah satu syarat utama agar rapat online berjalan lancar. Buruknya jaringan akan berdampak pada buruknya kecepatan koneksi internet.

Jaringan yang buruk akan membuat rapat online tak berjalan kondusif. Pertama-tama, CNNIndonesia.com menyarankan agar Anda mengecek kecepatan internet melalui di situs pengecekan kecepatan internet di situs www.speedtest.net atau fast.com.

Apabila kecepatan internet sangat lambat, pengguna bisa mencari posisi lain.

Bagi pengguna ponsel atau tablet  yang menggunakan WiFi bisa mendekati router WiFi tersebut untuk sinyal WiFi terbaik.


2. Hapus atau Disable Aplikasi dan Widget Tak Terpakai

Dilansir dari Whistleout, Anda harus menghapus atau disable aplikasi dan widget yang tak terpakai untuk mempercepat koneksi internet.

Sebab meski Anda tidak membuka aplikasi dan widget tersebut, mereka tetap berjalan di belakang layar dan memakan koneksi internet.

3. Pastikan Matikan Tethering atau Hotspot

Koneksi internet yang tiba-tiba menurun bisa disebabkan oleh penggunaan tethering atau hotspot. Anda bisa saja lupa mematikan tethering sehingga banyak perangkat yang mengonsumsi koneksi internet Anda.

Hal ini akan membuat kecepatan internet Anda menurun drastis. Meski hal ini sangat mendasar, pada kenyataannya banyak orang yang sering lupa mematikan tethering setelah menggunakannya.

4. Reset Pengaturan Jaringan

Jika ponsel Android Anda mengalami kendala tersambung ke wifi atau ke jaringan seluler, maka kemungkinan besar ada masalah dengan pengaturan jaringan Anda.

Dilansir dari Business Insider, Anda bisa reset pengaturan jaringan tanpa harus khawatir ponsel juga ikut ter-reset sehingga menghapus seluruh data yang ada di ponsel, seperti dikutip Business Insider.

Caranya cukup mudah. Pertama Anda buka pengaturan di ponsel. Kemudian pilih 'system' atau 'general management' tergantung pada sistem operasi yang digunakan.

Selanjutnya pilih 'reset' atau 'reset options'. Lalu ada pilih 'reset network settings'.

Perangkat Anda kemudian akan melakukan restart secara otomatis. Apabila ponsel telah menyala kembali, pengaturan jaringan telah ter-reset. [Blog Teknisi]

Sumber : CNN

Posting Komentar untuk "Cara Atasi Internet Lambat di HP Android"

close