Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cuaca Buruk Menjelang Peluncuran Pertama Astronot AS oleh SpaceX

 Cuaca Buruk Menjelang Peluncuran Pertama Astronot AS oleh SpaceX
SpaceX Demo-2 Crew Dragon. Kredit: NASA/Bill Ingalls
NewsTekno - SpaceX siap untuk membuat sejarah pada Rabu, 27 Mei 2020, waktu Florida, Amerika. Misi kru pertama SpaceX, penerbangan uji coba yang disebut Demo-2, dijadwalkan diluncurkan pukul 4:33 PM EDT 27 Mei atau 3.33 AM WIB 28 Mei dari Kennedy Space Center NASA di Florida.

Anda dapat menyaksikan lepas landas di situs Space.com atau di situs milik NASA. Ini adalah peluncuran orbital kru pertama dari Amerika Serikat sejak NASA mendaratkan armada pesawat ulang-alik pada tahun 2011.

"Kami sekali lagi meluncurkan astronot Amerika di roket Amerika dari tanah Amerika," kata Administrator NASA Jim Bridenstine saat konferensi pers Selasa, sebagaimana dikutip Space.com. "Ini adalah momen besar. Sudah sembilan tahun sejak kami memiliki kesempatan ini."

Cuaca di Florida sedikit memprihatinkan. Ada kemungkinan 40 persen bahwa awan dan cuaca buruk akan membuat peluncuran SpaceX tertunda. Jika itu terjadi, NASA dan SpaceX harus menunggu hingga Sabtu, 30 Mei, untuk mencoba lagi.

Demo-2 akan mengirim astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley ke International Space Station (ISS). Misi ini dirancang untuk sepenuhnya memvalidasi kapsul Crew Dragon SpaceX dan roket Falcon 9 untuk penerbangan antariksa manusia, sehingga perusahaan dapat mulai menerbangkan misi kru operasional untuk NASA.

SpaceX menandatangani kontrak US$ 2,6 miliar (Rp 38,2 triliun) dengan NASA pada tahun 2014 untuk menyelesaikan enam misi tersebut, yang pertama akan lepas landas segera setelah Demo-2 mendarat, asalkan semuanya berjalan baik dengan penerbangan uji ini.

NASA menandatangani kesepakatan serupa, US$ 4,2 miliar (Rp 61,8 triliun) pada saat yang sama dengan Boeing, yang akan dipenuhi oleh raksasa kedirgantaraan itu menggunakan kapsul CST-100 Starliner miliknya.

NASA menginginkan kendaraan pribadi ini untuk mengakhiri ketergantungan Amerika pada pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia, yang telah menjadi satu-satunya perjalanan para astronot ke dan dari orbit sejak pesawat ulang-alik diterbangkan. Dan Demo-2 membawa tujuan itu pada akhirnya.

Peluncuran ini juga akan menandai debut awak pertama dari pesawat ruang angkasa orbital Amerika sejak April 1981, ketika pesawat ulang-alik tersebut menerbangkan misi luar angkasa awalnya. Dan Crew Dragon akan menjadi kendaraan kelima di AS, dan kesembilan secara keseluruhan, untuk membawa astronot ke orbit Bumi atau lebih.

Setelah diluncurkan hari ini, Crew Dragon akan menghabiskan 19 jam mengejar stasiun ruang angkasa. Kapsul itu dijadwalkan akan berlabuh dengan lab yang mengorbit pada 28 Mei pukul 11:39 AM EDT atau 10.39 PM WIB (28 Mei), dan lubang palka di antara kedua kapal akan terbuka sekitar 2,5 jam kemudian.

Behnken dan Hurley kemudian akan melayang di atas stasiun ruang angkasa, memulai masa tinggal yang tidak diketahui waktunya. Demo-2 akan berlangsung antara 30 hari dan empat bulan, kata pejabat NASA. Tanggal akhir akan ditentukan kemudian, setelah anggota tim misi memiliki kesempatan untuk menilai kinerja Crew Dragon dan kesiapan kapsul yang akan menerbangkan Crew-1, misi penerbangan antariksa manusia operasional pertama SpaceX. [bt]

SPACE

Posting Komentar untuk " Cuaca Buruk Menjelang Peluncuran Pertama Astronot AS oleh SpaceX "

close