Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instagram Buat Fitur Baru Bantu Bisnis Kuliner RI Kala Corona

Instagram buat fitur baru bantu bisnis kuliner ri kala corona
Ilustrasi Instagram (Ist)
NewsTekno - Instagram meluncurkan fitur baru yang bisa mendukung kegiatan bisnis selama pandemi virus corona Covid-19. Instagram mengatakan fitur baru dibuat setelah banyak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang sedang berjuang menjaga kelangsungan bisnis dengan memanfaatkan teknologi dan pemasaran di platform daring.

Head of Market Operations Instagram APAC, Kaylie Smith mengatakan Instagram meluncurkan fitur striker pesanan makanan di Instagram Stories. Dia mengatakan fitur untuk memudahkan bisnis kuliner dalam mengajak pelanggan untuk melakukan pemesanan.

Bagi pengguna akun bisnis Instagram, Kaylie mengatakan akan melihat opsi stiker 'Pesanan Makanan' di Stories untuk memasukkan tautan bisnis di aplikasi mitra pengantar makanan.

Dengan menggunakan stiker untuk mempromosikan makanan atau minuman yang dijual, Kaylie berkata followers pengguna bisa mengetuk tulisan 'Pesan' untuk langsung melakukan pemesanan di aplikasi layanan pesan antar.

Saat ini, Kaylie menyebut pengguna hanya bisa memasukkan tautan bisnis di layanan GrabFood. Namun, mitra akan ditambah secara berkala untuk menyediakan lebih banyak pilihan bagi pebisnis.

"Di masa sulit seperti ini, setiap penjualan begitu berarti, terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Kami ingin membantu mereka agar tidak patah semangat dalam mempertahankan bisnis mereka dan terhubung dengan pelanggan," ujar Kaylie.

"Kehadiran stiker 'Pesanan Makanan' ini diharapkan dapat memberi kemudahan untuk masyarakat Indonesia berinteraksi dan membantu bisnis kuliner favorit mereka di Instagram," ujarnya.

Selain fitur stiker, Instagram juga mengklaim memberikan pelatihan gratis untuk membantu menyesuaikan strategi pemasaran di tengah pandemi Covid-19.

Country Director untuk the Facebook Company di Indonesia, Pieter Lydian mengatakan Instagram bekerja sama dengan Kreavi membuat program Akademi Instagram, yang akan dilakukan secara virtual dan mengusung kurikulum yang telah didesain mengikuti tantangan-tantangan yang tengah dihadapi pebisnis saat ini.

"Dalam mendorong laju pertumbuhan UMKM di Indonesia, Instagram ingin memberikan pelatihan gratis yang dibutuhkan pebisnis di tengah masa sulit seperti ini," kata Pieter.

"Bersama dengan mitra kami Kreavi, kami telah menyusun kurikulum berdasarkan insight yang kami kumpulkan dari industri, serta bagaimana pebisnis bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Facebook dan Instagram untuk terus meningkatkan interaksi dengan pelanggan," tambahnya.

Pieter menyampaikan peserta Akademi Instagram #dirumahaja akan dilatih langsung oleh para pakar dari berbagai bidang tentang cara mengelola bisnis di tengah pandemi, serta dibekali dengan ilmu kreatif membangun komunikasi dengan pelanggan melalui kekuatan visual dan copywriting.

Program Akademi Instagram #dirumahaja, kata dia, juga akan disiarkan secara terbuka di akun Facebook Kreavi dari tanggal 8 Mei hingga 10 Mei 2020. Melalui akadami itu, Instagram menargetkan dapat menjangkau hingga lebih dari 5.000 pelaku UMKM di Indonesia dan 30 persen diantaranya untuk pelaku bisnis kuliner.

"Kami harap Akademi Instagram #dirumahaja ini dapat membantu para pelaku UMKM meningkatkan wawasan mereka tentang dunia digital yang menyediakan banyak peluang bisnis bahkan di tengah masa sulit ini," Chief Executive Officer Kreavi, Anto Motulz. [Blog Teknisi]

Sumber : CNN

Posting Komentar untuk "Instagram Buat Fitur Baru Bantu Bisnis Kuliner RI Kala Corona"

close