Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tools Pelacak Virus Corona Disebar ke Pengembang Android dan iOS

Tools pelacak virus corona disebar ke pengembang android dan ios
Corona Virus Illustration (Ist) 
NewsTekno - Dua perusahaan raksasa teknologi, Google dan Apple telah menyatakan bakal memberikan update di ponsel Android dan iOS, agar bisa dipakai untuk melacak penyebaran wabah Covid-19 akibat virus Corona. 

Kini, tools untuk melacak penyebaran virus tersebut kabarnya sudah disebar ke berbagai lembaga kesehatan dunia, sehingga lembaga-lembaga tersebut bisa mengembangkan aplikasi pelacak Covid-19, baik di platform Android maupun iOS. 

Tools ini terdiri atas update sistem operasi Android dan iOS, serta software development kit (SDK) untuk membuat aplikasinya. Apple telah merilis OS versi beta yang menyertakan teknologi itu dalam iOS 13.5 dan Google telah menyalurkan update lewat Play Store. 

Selain itu, dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Minggu (2/5/2020), Apple juga telah merilis SDK terbaru, Xcode 11.5 pada Rabu minggu lalu, sementara Google telah memberikan update SDK-nya ke sejumlah pengembang aplikasi. 

Google mengatakan bahwa update untuk menanam tools pelacakan Covid-19 ini berbasis koneksi Bluetooth dan akan disalurkan dalam dua tahap. 

Pertama peluncuran Application Programming Interface ( API) yang memungkinkan seseorang dapat melakukan rapid test, melalui aplikasi yang dipantau langsung oleh lembaga kesehatan untuk memberikan hasil diagnosis dari tes tersebut. 

Sistem juga akan menggunakan teknologi Bluetooth untuk memberi tahu orang-orang yang pernah berdekatan dengan pasien Covid-19 yang telah dinyatakan positif. 

Tahap kedua adalah penyebaran Application Programming Interface (API) secara meluas, melalui sistem operasi Android dan iOS untuk semua pengguna ponsel. Ditargetkan tahap ini bisa dberjalan pada pertengahan Mei. 

Ponsel Android dan iOS (iPhone) akan mendapat update tools pelacak tersebut melalui toko aplikasi masing-masing. Pengguna juga akan ditawari (opt-in) apakah ingin mengaktifkan fitur tersebut atau tidak. 

Nantinya update ini akan tersedia untuk ponsel yang menjalankan sistem operasi Android 6 ke atas, yang saat ini ada sekitar 6 miliar unit di seluruh dunia, serta semua perangkat iPhone yang menjalankan iOS 13 ke atas. [Blog Teknisi]

Sumber : KOMPAS

Posting Komentar untuk "Tools Pelacak Virus Corona Disebar ke Pengembang Android dan iOS"

close