Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Roket SpaceX Kembali ke Pantai Setelah Peluncuran Bersejarah

Tahap pertama roket SpaceX Falcon 9 yang meluncurkan misi Demo-2 pada 30 Mei 2020, tiba di Port Canaveral Florida pada 2 Juni 2020. Kredit: SpaceX via Twitter
Tahap pertama roket SpaceX Falcon 9 yang meluncurkan misi Demo-2 pada 30 Mei 2020, tiba di Port Canaveral Florida pada 2 Juni 2020. Kredit: SpaceX via Twitter

NewsTekno - Roket yang meluncurkan misi kru pertama SpaceX telah kembali. Misi itu, yang disebut Demo-2, lepas landas di atas roket dua tahap Falcon 9 pada hari Sabtu, 30 Mei 2020, dari NASA Kennedy Space Center di Florida. Roket itu mengirim astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS) dengan menggunakan Kapsul Crew Dragon.

Sekitar 9 menit setelah lepas landas, tahap pertama Falcon 9 melakukan pendaratan tepat pada kapal drone SpaceX "Tentu Saja Aku Masih Mencintaimu," yang ditempatkan beberapa ratus mil di lepas pantai Florida, sebagaimana dilaporkan Space, Rabu, 3 Juni 2020.

Setelah itu kapal segera mulai menuju kembali ke pantai, dan pada hari Selasa, pelayaran lautnya berakhir. "Tentu Saja Aku Masih Mencintaimu," dengan roket diamankan ke geladaknya, tiba di Port Canaveral Florida, SpaceX mengumumkan melalui Twitter.

SpaceX umumnya memperbarui dan menerbangkan kembali Falcon 9 tahap pertama, serta tahap pertama megarocket perusahaan, Falcon Heavy.

Penggunaan kembali seperti itu adalah prioritas utama pendiri dan CEO SpaceX, Elon Musk, yang ingin memotong biaya penerbangan antariksa secara dramatis untuk memungkinkan berbagai prestasi eksplorasi yang ambisius - terutama penaklukan Mars. Falcon 9 tahap kedua dengan satu mesin tetap dibuang saat ini, tetapi tidak semahal tahap pertama dengan sembilan-mesin.

Kita mungkin tidak dapat berasumsi bahwa booster khusus ini akan terbang lagi. SpaceX belum mengumumkan nasibnya pada saat penulisan ini, dan mungkin saja perusahaan ingin melestarikannya sebagai artefak bersejarah.

Tahap pertama Falcon 9 pertama yang pernah mendarat dengan sukses, misalnya, sekarang berdiri di luar markas SpaceX di Hawthorne, California.

Dan Falcon 9 yang istimewa ini memiliki sedikit daya tarik bersejarah tambahan di luar eksploitasi pada hari Sabtu: Yang terpampang di badannya adalah logo retro NASA.

Demo-2, pesawat antariksa manusia orbital pertama yang diluncurkan dari Amerika Serikat sejak armada pesawat ulang-alik NASA pensiun pada 2011, adalah upaya bersama SpaceX-NASA.

Perusahaan ini memegang kontrak US$ 2,6 miliar Program Kru Komersial NASA untuk menerbangkan enam misi kru operasional ke ISS, dan Demo-2 dirancang untuk sepenuhnya memvalidasi Crew Dragon dan Falcon 9 untuk penerbangan tersebut.

Crew Dragon yang membawa Behnken dan Hurley -- dinamai Endeavour meniru salah satu dari pengorbit antariksa NASA -- tiba di ISS pada hari Minggu, 31 Mei 2020. Behnken dan Hurley akan tinggal di laboratorium pengorbit selama satu hingga empat bulan. Durasi Demo-2 belum ditentukan. [bt]

SPACE/TEMPO

Posting Komentar untuk " Roket SpaceX Kembali ke Pantai Setelah Peluncuran Bersejarah "

Berlangganan via Email