Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biar Enggak Salah Pilih, Kenali Dua Jenis Rapid Test Covid-19 Lengkap dengan Harganya

Biar Enggak Salah Pilih, Kenali Dua Jenis Rapid Test Covid-19 Lengkap dengan Harganya
Ilustrasi

NewsTekno - Bicara tentang tes Covid-19, maka saat ini ada beberapa metode pengujian yang bisa dilakukan, Swab Test dan Rapid Test.

Mengenai Rapid Test screening Covid 19, apakah Anda tahu bahwa saat ini terdapat dua pemeriksaan yang dikenal dengan nama pemeriksaan Antibodi IgG IgM dan Tes Serologi? Apakah kedua tes tersebut berbeda?

Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bekasi Timur dr Muhammad Irhamsyah, Sp.PK, M.Kes, menjelaskan, kedunya sama, tergolong dalam pemeriksaan Rapid Test Covid-19.

Ia melanjutkan, kedua metode tersebut juga memiliki cara kerja penentuan adanya virus yang sama yaitu dengan mencampurkan Antigen virus (dalam hal ini Antigen spesifik Covid-19) sebagai pemicu peningkatan Antibodi yang ada di spesimen darah manusia.

Lantas apa yang berbeda? Dokter Muhammad Irhamsyah, Sp.PK, M.Kes, punya penjelasannya di sini:

1. Tes Antibodi IgG IgM

Tes Antibodi IgG IgM
Ilustrasi

Metode pengujian ini melalui uji tetes spesimen darah yang dikenal dengan nama Rapid Test Antibodi.

Pemeriksaan screening Covid-19 menggunakan metode tetes darah di alat tes ini harus dilakukan secara berkala untuk memastikan saat yang tepat ketika Antibodi IgG IgM terbentuk di dalam tubuh (biasanya pada hari ke-7 seseorang terpapar Covid-19).

Perlu dipahami, hasil pemeriksaan Tes Antibodi IgG IgM ini dikeluarkan sangat cepat hanya dalam waktu 1 jam. Dan laporan pemeriksaan laboratorium bisa dikirimkan kepada pasien dalam waktu 1x24 jam.

"Pemeriksaan yang dikenal dengan nama Rapid Test Antibodi IgG dan IgM ini menggunakan metode immunochromatography dan menggunakan sample serum dan plasma. Sample darah akan dicampur antigen khusus Covid-19 dalam sebuah alat tetes. Jika seseorang terserang virus tertentu, maka akan terjadi peningkatan kadar Antibodi yang ditunjukkan dengan munculnya tanda garis pada alat tetes," terang dia.

Terkait dengan biaya Rapid Test jenis ini, Head of Marketing & Corporate Communication Primaya Hospital Group Hanie Dewita menerangkan, untuk sekarang masih Rp299 ribu. "Tapi, harga tersebut masih kami bahas lebih lanjut untuk mengikuti arahan dari Kemenkes," ungkapnya.

2. Tes Serologi

Tes Serologi
Ilustrasi

Metode yang dikenal dengan Tes Serologi ini merupakan pemeriksaan kadar antibodi terhadap Covid-19 melalui alat mesin yang canggih dengan prinsip ECLIA (Electrochemiluminenscence Immunoassay) menggunakan pancaran cahaya untuk deteksi Antibodi spesifik terhadap Covid-19.

Pemeriksaan tes serologi ini mengatur kadar Antibodi spesifik Covid-19 dengan menggunakan mesin yang sensitivitasnya lebih tinggi (bisa hingga 100%) karena di dalam mesin akan terjadi proses pencucian sehingga hanya tersisa komponen antibodi yang akan menempel bersama label pewarna terhadap Antibodi spesifik Covid-19.

Terkait dengan waktu hasil keluar, pada Tes Serologi, pemeriksaan membutuhkan waktu maksimum 1x24 jam, sehingga hasil laporan pemeriksaan dapat diberikan pada pasien 2x24 jam.

"Pemeriksaan yang dikenal dengan nama pemeriksaan Serologi ini menggunakan metode immunochemiluminescent. Dikerjakan di alat mesin Immunology dan sample yang dipakai dari darah serum," ungkap dr Irhamsyah.

Nah, kalau pemeriksaan Serologi, Hanie menjelaskan, pasien bisa mendapatkan layanan ini dengan harga mulai dari Rp105 ribu. "Bergantung pada jumlah pemeriksaan yang dilakukan," kata Hanie. [Blog Teknisi]

OKE ZONE

Posting Komentar untuk "Biar Enggak Salah Pilih, Kenali Dua Jenis Rapid Test Covid-19 Lengkap dengan Harganya"

Berlangganan via Email