Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peneliti Ungkap Risiko Privasi dari Kamera 'CCTV' dalam Rumah

Peneliti Ungkap Risiko Privasi dari Kamera 'CCTV' dalam Rumah
Ilustrasi CCTV Rumah

NewsTekno - Kamera CCTV bisa digunakan untuk memantau sebuah jalan atau area. Dengan melakukan pemantauan, diharapkan aksi kejahatan dapat diminimalisir.

Kamera CCTV atau kamera pemantauan juga memiliki beragam jenis atau model, salah satunya ada yang bisa ditempatkan di dalam rumah. Kamera yang ditempatkan dalam rumah ini disebut dengan kamera keamanan rumah Internet Protocol (IP).

Dengan memanfaatkan kamera IP, maka pemilik rumah bisa memantau keamanan rumah. Kendati demikian, ada potensi risiko pada penggunaan perangkat ini.

Sebuah studi Internasional telah menggunakan data dari mereka yang memiliki kamera keamanan Internet Protocol (IP) utama di rumah untuk mengevaluasi potensi risiko privasi bagi pengguna, dilansir SciTechDaily.

Kamera IP adalah kamera yang terhubung ke internet yang dapat dipasang di rumah dan dipantau dari jarak jauh melalui web.

Untuk penelitian ini, para peneliti dari Chinese Academy of Science dan Queen Mary University of London menguji apakah para hacker dapat mengambil informasi. Sehingga bisa membahayakan privasi pemiliki IP dengan melacak data yang diunggah secara pasif tanpa memeriksa konten video itu sendiri.

Hasil temuan yang dipublikasikan di Konferensi Internasional IEEE tentang Komunikasi Komputer (6-9 Juli 2020), menunjukkan bahwa lalu lintas yang dihasilkan IP dapat dipantau oleh hacker dan digunakan untuk memprediksi sebuah rumah tersebut ditempati atau tidak.

Bahkan, para peneliti mengatakan bahwa aktivitas seseorang di rumah yang memiliki IP dapat diprediksi berdasarkan lalu lintas sebelumnya yang dihasilkan oleh IP. Hal tersebut menjadi peluang besar terjadinya pencurian dengan mengetahui kapan rumah itu kosong.

Mereka mengonfirmasi bahwa hacker mendeteksi melalui unggahan data internet tanpa memeriksa konten video itu sendiri. Dr. Gareth Tyson, Dosen Senior di Queen Mary University of London, mengatakan bahwa dengan mereka memahami risiko dari kamera IP mereka dapat mengusulkan cara-cara untuk memperkecil risiko dan melindungi privasi pengguna. [Blog Teknisi]

TECHNO OKEZONE

Posting Komentar untuk "Peneliti Ungkap Risiko Privasi dari Kamera 'CCTV' dalam Rumah"

Berlangganan via Email